Simak Yuk Apa Saja Manfaat Yang Diberikan Matahari Bagi Alam Dan Isinya

Matahari memang memegang peranan penting dalam tatanan tata surya, bahkan matahari ini juga disebut sebagai pusat dari tata surya. Alasan mengapa matahari disebut sebagai pusat tata surya karena memang matahari memiliki banyak sekali manfaat dan menjadi penopang hidup bagi seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta terutama yang ada di bumi.

Jika anda berpikir bahwa matahari adalah sebuah planet maka anda salah karena sebenarnya matahari adalah sebuah bintang yang paling besar dan juga terang. Matahari sendiri terdiri dari 6 lapisan pembentuk yakni inti matahari, zona radiasi, zona konveksi, fotosfer, kromosfer, dan juga korona. Tapi tentunya tidak ada yang pernah bisa untuk sampai ke inti matahari karena suhunya yang sangat panas.

Namun dibalik suhu matahari yang sangat panas itulah ternyata matahari menyimpan sejuta manfaat bagi seluruh alam. Dengan tenaga panasnya yang begitu besar itulah yang akhirnya membuat matahari memiliki segudang manfaat. Berikut ini beberapa ulasang tentang manfaat matahari bagi alam dan juga seluruh makhluk bumi.

  1. Sebagai sumber penerangan alami

Seperti yang kita tahu bahwa waktu terbagi menjadi dua bagian yakni waktu siang dan malam. Proses terjadinya kedua waktu tersebut dikarenakan adanya rotasi mataharo yang membuat setengah bagian terkena sinar matahari atau siang dan setengahnya lagi tidak terkena sinar matahari atau malam. Saat siang hari tiba maka bumi akan terlihat sangat terang dan itu adalah hasil dari pencahayaan sinar matahari yang bahkan bisa menyinari sudut tergelap di bumi sekalipun.

  1. Sebagai stimulant efek rumah kaca

Efek rumah kaca adalah kondisi dimana bumi memiliki efek layaknya rumah kaya yang dimana panas akan terperangkap didalamnya. Hal ini juga terjadi pada bumi dimana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi. Meski sering dianggap negative namun nyatanya efek rumah kaca ini dapat memberikan dampak positif dimana hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan manfaat lainnya bagi alam.

  1. Sebagai penyedia oksigen

Ternyata sinar matahari juga berpengaruh pada proses pembentukan oksigen terutama pada beberapa makhluk hidup. Salah satu contohnya yaitu proses fotosintesis tanaman yang tidak akan bisa terjadi tanpa adanya bantuan dari sinar matahari. Karena tanpa adanya sinar matahari maka tanaman hanya akan layu dan mati.

  1. Sebagai pemicu terjadinya pergantian musim

Di bumi ada empat musim yang bisa kita rasakan yakni musim panas, hujan, dingin, dan juga kemarau. Setiap pergantian musim yang terjadi tidak pernah luput dari energi matahari karena sinar matahari yang memancar di beberapa bagian membuat adanya perbedaan suhu di setiap daerah. Itulah yang menjadi alasan mengapa ada bagian bumi yang sangat panas tapi ada juga yang sangat dingin.

  1. Sebagai pusat tata surya

Di seluruh alam semesta ini tentunya tidak hanya ada bumi tetapi juga ada planet lain, bintang, komet, dan lain – lain yang semuanya berputar mengelilingi matahari. Itu karena matahari menghasilkan gaya gravitasi yang membuat semua planet yang segala yang ada di langit tetap bergerak pada kosmiknya. Itulah yang membuat matahari disebut sebagai pusat dari tata surya.

  1. Sebagai sumber kehidupan

Matahari juga ternyata membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu kebutuhan manusia yang bisa didapat dari matahari yaitu vitamin D yang ada pada sinar matahari pagi. Jika kebutuhan vitamin D pada manusia terpenuhi maka kekebalan tubuhnya akan lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *