Selain Berdoa, Ternyata Ada Amalan Pelunas Hutang Menurut Syekh Ali Jaber

Manusia tidak pernah lepas dari yang namanya masalah, dan semua masalah kemungkinan besar berawal dari keuangan. Hal inilah yang memicu timbulnya kata “hutang”, meminjam artinya sesegera mungkin harus dikembalikan sesuai perjanjian. Jangan sampai hutang ditutup dengan hutang, atau bahkan malah menambah banyak lubang hutang baru.

Jika sudah mulai terlilit, usaha yang dibarengi oleh doa adalah solusi yang terbaik. Namun ternyata menurut Syekh Ali Jaber ada amalan yang mampu melancarkan ridha Allah SWT, sehingga kita dapat membayar semua hutang sampai lunas. Apakah amalan itu?

Amalan Sedekah & Infaq

Amalan yang pertama adalah bersedekah dan berinfaq, amalan ini akan lebih utama dilakukan ketika waktu subuh tiba. Infaq yang dimaksud tentu wajib dijaga juga dilaksanakan dengan istiqomah supaya memperoleh keutamaannya dihadapan Yang Maha Kuasa.

Syekh Ali Jaber pun menceritakan sebuah kisah tentang amalan guna melunasi hutang tadi, beliau mengatakan mengenal seseorang yang berhutang dengan besaran yang dirahasiakan. Syekh Ali Jaber mengajarkan amalan tersebut, dan subahanalah Allah menunjukkan kemudahan sampai bisa lunasi hutangnya.

Doa Pelunas Hutang

Sembari bersedekah dan berinfaq, ada baiknya jika kita rutin melantunkan doa untuk mendapat restu Allah guna melunasi hutang. Menurut Syekh Ali Jaber terdapat doa agar bisa melunasi hutang, bahkan doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada beberapa orang yang memiliki hutang di masa Baginda Nabi masih hidup.

  1. “Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

  1. “Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.”

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR Dawud).

  1. “Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan , karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah.” (HR At Thabrani)

 

Itulah tadi amalan juga doa yang dapat kita lakukan sembari terus berusaha untuk melunasi semua hutang yang ada, ingatlah bahwa Allah SWT tidak pernah tidur dan selalu menyayangi umat-Nya yang kuat dalam usaha juga ibadahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *