Pendapatan Per Kapita : Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menghitung

Pendapatan per kapita itu apa dan bagaimana cara menghitungnya? Pendapatan per kapita tentunya dapat menjadi salah satu indikator kesejahteraan di suatu negara.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendapatan per kapita adalah total pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk sehingga dapat diketahui pendapatan rata – rata penduduk negara tersebut.

Sementara mengutip dari BPS, pengertian pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk pada pertengahan tahun. Pendapatan per kapita pun tercermin dalam PBD per kapita.

Berikut informasi mengenai manfaat pendapatan per kapita beserta cara menghitungnya :

Manfaat Pendapatan Per Kapita

Pendapatan per kapita merupakan indikator ekonomi yang mengukur tingkat kemakmuran penduduk suatu negara yang dihitung secara berkala (periodik) biasanya satu tahun.

Adapun manfaat perhitungan pendapatan per kapita adalah sebagai berikut :

  • Manfaat pertama perhitungan pendapatan per kapita adalah untuk meninjau tingkat perbandingan kesejahteraan masyarakat suatu negara dari tahun ke tahun.
  • Manfaat perhitungan pendapatan per kapita selanjutnya adalah sebagai data perbandingan kesejahteraan suatu negara dengan negara lain. Dari pendapatan per kapita di setiap negara dapat dilihat tingkat kesejahteraan masing – masing negara.
  • Perhitungan pendapatan per kapita juga berguna sebagai perbandingan tingkat standar hidup suatu negara dengan negara yang lain. Dengan mengambil data pendapatan per kapita dari tahun ke tahun, maka dapat disimpulkan apakah pendapatan per kapita suatu negara termasuk dalam kelompok rendah (bawah), sedang, atau tinggi.
  • Manfaat terakhir perhitungan pendapatan per kapita adalah sebagai data untuk mengambil kebijakan di bidang ekonomi. Data penghitungan pendapatan per kapita bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah dalam bidang ekonomi.

Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita

PDB per kapita adalah salah satu indikator untuk mengukur tingkat kemakmuran masyarakat di suatu wilayah. Semakin besar pendapatan per kapita maka hal itu merupakan indikasi bahwa wilayah tersebut semakin makmur.

Sebaliknya, jika semakin kecil PDB per kapita maka hal itu menjadi indikasi bahwa wilayah tersebut kurang makmur. PDB sendiri adalah nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu cara untuk menghitung pendapatan nasional.

  • Pendapatan Per Kapita Secara Nominal

Penghitungan pendapatan per kapita secara nominal berdasarkan pada harga yang sedang berlaku. Rumus penghitungan pendapatan per kapita nominal yaitu :

Pendapatan Per Kapita = Harga Produk Nasional Bruto Berlaku : Jumlah Penduduk.

  • Pendapatan Per Kapita Secara Riil

Selain itu, ada juga cara menghitung pendapatan per kapita secara riil yang merupakan proses perhitungan berdasarkan pada harga konstan.

Harga konstan didapatkan dari nilai pendapatan per kapita pada tahun acuan tertentu. Jadi, rumus penghitungan pendapatan per kapita riil yaitu :

Pendapatan Per Kapita = Produk Nasional Bruto Harga Konstan : Jumlah Penduduk.

Penghitungan pendapatan per kapita pun bisa digunakan sebagai dasar untuk mengelompokkan suatu negara. Berikut kelompok negara berdasarkan pendapatan per kapita, yaitu :

  • Negara berpendapatan tinggi dengan penghasilan senilai lebih dari USD 8.335.
  • Negara berpendapatan menengah ke atas dengan penghasilan antara USD 4.046 hingga USD 8.335.
  • Negara berpendapatan menengah ke bawah dengan penghasilan antara USD 675 hingga USD 4.046.
  • Negara berpendapatan rendah dengan penghasilan rata – rata kurang dari USD 675.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *