Jenis Gangguan Tumbuh Kembang Anak Yang Umum Terjadi

Semua orang tua tentu saja ingin putra maupun putrinya tumbuh dan berkembang normal. Namun pada kenyataan tidak semuanya bisa bertumbuh sesuai dengan keinginan. Ada beberapa gangguan yang menyebabkan seorang anak mengalami gangguan. Selain bisa konsultasi di klinik tumbuh kembang anak, anda juga harus tahu jenis jenis gangguan pada tumbuh kembang buah hati.

Macam Gangguan Pada Tumbuh Kembang Anak

  1. cerebral palsy

Gangguan satu ini merupakan gangguan yang terjadi sejak bayi masih berada di perut ibu. Membuat anak mengalami kecacatan pada fisik, keterlambatan pertumbuhan, ketidaknormalan pada sistem motorik hingga masalah gerakan. Gangguan ini tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa ditangani agar anak bisa mandiri yakni dengan cara terapi atau melatihnya.

  1. Sindrom Down

Sama halnya dengan Cerebral Palsy, gangguan ini juga terjadi saat bayi masih di kandungan. Anak dengan gangguan ini akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Dimana sel kromosom 46nya kurang sempurna kemudian membelah juga menggandakan diri yang membuat cacat fisik. Selain itu juga merusak kemampuan motorik maupun perkembangannya.

Bukan hanya itu, gangguan ini juga bisa menyebabkan berbagai penyakit bawaan, baik kelainan jantung atau organ lainnya. Untuk menanganinya, anda bisa membawanya menuju klinik tumbuh kembang anak. Walaupun tidak bisa disembuhkan, tetapi ada terapi yang bisa diusahakan agar ketrampilannya berkembang. Tidak ketinggalan organnya juga harus selalu diperiksa rutin.

  1. Terlambat Berjalan

Bukan hanya gangguan yang terjadi karena bawaan lahir, anak juga bisa mengalami gangguan tumbuh kembang seperti terlambat berjalan. Umumnya bayi yang usianya 8 bulan ke atas sudah mulai belajar berjalan. Tapi jika usianya 18 bulan tetapi belum ingin berjalan, maka ibu harus waspada. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan mengajak si kecil aktif bergerak.

  1. Autisme

Autisme juga merupakan salah satu gangguan yang menyerang tumbuh kembang anak. Dimana anak dengan autisme akan sulit berkomunikasi atau berbicara, sulit memahami sesuatu ataupun menunjukkan tindakan emosional yang berlebihan. Hanya saja sebaiknya tidak mendiagnosis sendiri, bawa saja ke klinik tumbuh kembang anak agar penanganan secepatnya dan tepat.

  1. Terlambat Bicara

Selain terlambat berjalan, gangguan tumbuh kembang juga bisa berupa terlambat berbicara. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini, seperti terlalu banyak bermain gadget atau nonton Tv, kurang stimulasi maupun adanya kelainan pada organ bicaranya. Orang tua bisa menstimulasi ataupun berkonsultasi pada ahlinya untuk mendapatkan terapi serta penanganan yang sesuai.

Itulah beberapa gangguan yang mungkin dialami oleh siapapun. Walaupun sehari hari terlihat begitu sehat, tetapi jika ada gangguan pada salah satu tumbuh kembangnya harus diatasi dengan tepat. Menemui dokter tumbuh kembang menjadi pilihan yang bijak. Dengan begitu selain bisa konsultasi dengan ahli profesional di OMDC , anak juga akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *