Berikut Ini Beberapa Perusahaan Terbesar di Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui, Simak!

Peran perusahaan di suatu negara memang sangat penting untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran di negara tersebut, apalagi perusahaan tersebut adalah perusahaan yang besar. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan terbesar yang sudah berdiri sejak dahulu hingga saat ini. sebagian perusahaan terbesar memang dipegang oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Nah, kali ini kami akan sedikit memberikan informasi seputar beberapa perusahaan terbesar di Indonesia yang wajib kamu ketahui. Penasaran? Simak ulasannya sebagai berikut.

  1. PT Astra International Tbk

Perusahaan pertama yakni, PT Astra International TBK, di mana perusahaan ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini bahkan memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rip 266,17 triliun per Maret 2022. Pada mulanya, perusahaan ini berdiri pata tahun 1975 di Jakarta dan sudah bergerak di bidang otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi dan energy agribisnis, infrastruktur, logistic, teknologi informasi dan properti.

Jika dilihat dari sektor, tentu perusahaan ini berkembang di berbagai bidang. Tak heran jika perusahaan ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Selainitu perusahaan ini memiliki saham yang dipegang oleh Cycle & Carriage Limited sebesar 50,11% dan masyarakat (masing-masing kurang dari 5%) sebesar 49,89%.

  1. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

Lanjut ke perusahaan berkutnya yaitu, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 218,44 triliun per Maret 2022. Di mana PT Chandra Asri Petrochemical Tbk bergerak di beberapa sektor usaha seperti industri pengolahan petrokimia.

Berdasarkan data Laporan Bulanan Registrasi Pemegang Efek 40 November 2021, yang mendata komposisi saham perusahaan ini antara lain:

  • PT Barito Pacific Tbk (34,54%).
  • PT Top Investment (30,57%).
  • Prajogo Pangestu (7,78%).
  • Marigold Resources Pte (3,92%)
  • Masyarakat publik (8,19%)

 

  1. PT Bank Jago Tbk

Berikutnya ada PT Bank Jago Tbk yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang mana perusaaan ini awalnya dikenal dengan nama PT Bank Artos Indonesia Tbk. Lalu beruba naa menjadi Bank Jago dan bergerak di bidang perbankan digital.

Melihat dari Laporan Tahunan Terintegrasi Tahun 2020, perusahaan ini memiliki komposisi saham antara lain:

  • PT Metamorfosis Ekosstem Indonesia (MEI) mencapai 37,65%.
  • Wealth Track Technology Limited (WTT) mencapai 13,35%.
  • PT Dompet Karya Anak Bangsa mencapai 22,16%.
  • Masyarakat umum mencapai 26,84%.

 

  1. PT Bank Negara Indonesia Tbk

Salah satu perusahaan terbesar di Indonesia terakhir yang akan kita bahas yakni, PT Bank Negara Infonesia Tbk (BNI). Di mana perusahaan ini merupakan perusahaan yang dipegang oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan bergerang di bidang bank umum. Perushaan ini dapat dikatakan sebagai salah satu perusaaan terbesar karena memiliki kapitalisasi pasar mencapai Rp 15231 triliun per Maret 2022.

Tidak terlalu banyak komposisi saam yang dimiliki BNI melainkan dipegang ole Pemarintah Republik Indonesia sebanyak 60% dan 4% dipegang oleh pemegang saham publik. Pemegang saham public disini bisa saja indvidu dan institusi tertentu.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar bebreapa perusahaan terbesar di Indonesia yang waib kamu ketahui. Mudah-mudaan informasi di atas dapat bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *